Nurul Laila, salah satu calon jamaah haji asal Blora mengaku kaget dengan kenaikan biaya ibadah haji..
Sumber :
  • tim tvone - Agung Wibowo

Calon Jamaah Haji Asal Blora Kaget dengan Kenaikan Biaya Haji

Minggu, 19 Februari 2023 - 14:34 WIB

Blora, JawaTengah - Sejumlah calon jamaah haji asal Blora, Jawa Tengah mengaku kaget dengan kenaikan biaya ibadah haji tahun 2023. Mereka juga mengaku bingung untuk mencari biaya tambahan pelunasan haji. 

Kenaikan biaya ibadah haji menjadi Rp49 juta dinilai cukup tinggi dan memberatkan mereka. Padahal, persiapan untuk berangkat haji sudah hampir 100 persen. Pasalnya, kebanyakan calon jamaah haji yang berangkat tahun ini merupakan calon haji yang tertunda keberangkatannya selama dua tahun karena adanya pandemi Covid-19. 

Salah satu calon jamaah haji, Nurul Laila mengaku bingung mencari biaya tambahan pelunasan haji untuk dua orang jamaah. Ia pun hanya bisa pasrah dan  berharap ada penurunan biaya untuk haji tahun ini. 

"Saya sempat kaget juga. Awalnya, berpikiran tidak naik sebanyak itu. Tapi akhirnya, karena ini haji panggilan dari Allah ke saya saat ini, saya hanya bisa berdoa bismillah dimampukan dan dicukupkan. Tetapi, kalau secara umum, ya kalau bisa biaya diturunkan lagi,” ungkap Nurul Laila, Minggu (19/2/2023). 

Nurul mengaku untuk melunasi kekurangan biaya, dirinya rela apabila harus menjual barang-barangnya saat ini. 

"Saya terus terang kalau terkait biaya tambahan tidak sebanyak itu dan kemarin saya nabung sedikit- sedikit. Tapi, ini nanti apa yang saya punya mungkin bisa saya jual," ujarnya. 

Keresahan yang sama juga dikatakan calon jamaah haji lain, Zainal Muttakin. Ia menilai kenaikan biaya tahun ini cukup mengagetkan. Iapun harus memutar otak untuk segera melakukan pelunasan biaya tambahan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral