Tim Riset Agroindustri BRIN Indra Budi sedang memaparkan materi aplikasi coating berbasis Sawit di Lembang.
Sumber :
  • Suhendar/tvOne

BRIN Ciptakan Larutan dari Produk Turunan Kelapa Sawit, Bisa Perpanjang Kesegaran Buah

Rabu, 27 Juli 2022 - 11:59 WIB

Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat - Laju pematangan buah yang cepat membuat masa simpan buah cenderung singkat atau cepat rusak.

Hal itu membuat para petani, pedagang dan eksportir buah mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya secara luas.

Berawal ingin mendukung ekspor buah-buahan dengan memperpanjang usia simpan, tim riset Pusat Riset Agroindustri yang berada di bawah Organisasi Riset Pertanian dan Pangan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berhasil menciptakan sebuah larutan yang dapat mengawetkan buah-buahan sehingga tetap segar dan bisa tahan lama dengan nama pelapis (coating) berbasis kelapa sawit.

Kepala Pusat Riset Agroindustri BRIN Mulyana Hadipernata mengatakan dalam rangka memperpanjang usia dan mendukung ekspor buah-buahan, BRIN berhasil menciptakan aplikasi coating berbasis sawit.

"Riset sudah relatif lama sejak 2012. Secara bertahap melakukan rancangan percobaan sehingga bisa terciptanya seperti saat ini," ucap Mulyana kepada tvOnenews.com saat ditemui di sela-sela pemaparan coating berbasis sawit di Lembang, Rabu (27/7/2022).

Dia mengatakan lapisan coating ini untuk menahan lajunya respirasi pembusukan pada buah-buahan sehingga buah tidak terlalu cepat terjadi pembusukan.

"Satu contoh, mangga biasanya umur simpan hanya 7 hingga 10 hari saja. Dengan coating berbasis sawit, buah mangga pada suhu ruangan bisa bertahan hingga 1 bulan bahkan jika pada suhu pendingin bisa tahan hingga 5 kali lipatnya," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:27
02:30
05:51
03:16
03:36
00:44
Viral