Sektor Pertanian di Kabupaten Indramayu merupakan yang terbaik se-Indonesia..
Sumber :
  • Istimewa

Bupati Nina Agustina Akan Bebaskan Petani dari Tengkulak

Sabtu, 22 Juni 2024 - 20:31 WIB

tvOnenews.com - Sektor Pertanian di Kabupaten Indramayu merupakan yang terbaik se-Indonesia. Terhitung sejak 2021 hingga 2023, Kabupaten Indramayu tercatat menduduki peringkat pertama sebagai produsen padi tertinggi se-Indonesia.

Meski begitu, tetap saja ada permasalahan yang ditemui oleh para petani, salah satunya harga jual gabah yang mengalami naik turun. Apa dan siapa yang menyebabkan harga jual gabah tidak menentu? Ternyata, hal tersebut diakibatkan dari petani desa yang masih bergantung pada tengkulak. Tengkulak dalam posisi ini dapat memainkan harga seenaknya sendiri

Hal ini lah yang akan ditanggulangi oleh Bupati Nina, Agustina, yaitu memutuskan mata rantai para tengkulak. Seperti yang disampaikan olehnya beberapa waktu lalu. Ia menyampaikan bahwa sudah berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk menyediakan mesin pengering padi (dryer), serta lahannya.

"Ketika ditanya pak Arief (Kepala Bapanas), saya bilang siap, kami siap lahan untuk dryer yang besar, jadi kita akan membeli gabahnya kepada petani semuanya," ujarnya.

Dengan begitu nantinya yang akan membeli gabah dari para petani adalah Pemerintah Kabupaten Indramayu, sehingga harga jualnya sesuai, tidak seperti para tengkulak. Dan hal tersebut juga dirasa Bupati Nina Agustina dapat memutuskan mata rantai tengkulak.

"Jadi untuk petani menguntungkan, terputuslah mata rantai tengkulak," tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral