Direktur Pengelolaan Bahan Beracun Berbahaya (PB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Ari Sugasri saat melakukan kunjungan kerja ke kawasan industri pengolahan limbah B3 PPLI di Bogor.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Usep Saripudin

KLHK Apresiasi Teknologi Pengolahan Limbah Ramah lingkungan di PPLI, Optimis 2028 Indonesia Bebas PCBs

Kamis, 23 Mei 2024 - 14:09 WIB

Bogor, tvOnenews.com - Fasilitas pengolahan PCBs (Polychlorinated Biphenyls) yang ada di PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) merupakan teknologi termaju di dunia dan ramah lingkungan, demikian diungkapkan Direktur Pengelolaan Bahan Beracun Berbahaya (PB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Ari Sugasri saat melakukan kunjungan kerja ke kawasan industri pengolahan limbah B3 PPLI di Desa Nambo, Klapanunggal, Bogor (22/05/2024).

Di area seluas 64 hektar tersebut, Direktur Pengelolaan B3 yang berada dibawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyempatkan diri berkeliling meninjau sejumlah fasilitas pengolahan limbah seperti laboratorium, insinerator hingga landfill termasuk fasilitas pengolahan PCBs.

Menurut Ari, PPLI telah layak menjadi salah satu contoh pengolahan limbah yang baik dan benar bagi seluruh perusahaan yang ada di Indonesia.

Disinggung soal rencana jangka pendek pengolahan PCBs yang akan dilakukan KLHK, Ari menegaskan ada beberapa tahapan. 

"Pertama, kita akan perbaiki dulu regulasinya agar dapat mendorong industri bisa segera mengolah PCBs nya lebih cepat memenuhi target 2028, kedua kita menyesuaikan sarana dan prasarana pengolah yang ada agar mampu menangani seluruh PCBs yang dikirimkan, yang ketiga mekanisme pembiayaan pengolahan PCBs," ungkap Ari.

Dalam kunjungan kerja yang bertepatan dengan hari ulang tahun PPLI ke 30, Ari mengapresiasi komitmen dan konsistensi perusahaan tersebut dalam penanganan limbah B3 di Indonesia. 

"Terakhir 2002 saya kesini, ternyata perkembangannya begitu pesat. Banyak teknologi baru ramah lingkungan yang dimiliki perusahaan" tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral