Warga sekitar Ponpes Al Zaytun mengeluhkan aktivitas Al Zaytun yang tidak membawa manfaat bagi warga.
Sumber :
  • timtvOne - Opih Riharjo

Warga Sebut Ponpes Al Zaytun Tidak Bawa Manfaat Bagi Lingkungan Sekitar, Banyak Lahan Terbengkalai Tapi Tidak Boleh Dimanfaatkan 

Jumat, 4 Agustus 2023 - 17:16 WIB

Indramayu, tvOnenews.com - Warga yang tinggal berdekatan dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun menyebut keberadaan Ponpes tidak memiliki banyak manfaat bagi warga sekitar. Meski warga sudah meminta izin kepada Ponpes untuk mengelolah lahan tidur, namun hal itu tidak pernah diperbolehkan. 

Gonjang-ganjing dan kontroversi pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang, terus menyedot perhatian publik. Kondisi tersebut dikeluhkan oleh warga yang tinggal di sekitar Ponpes Al Zaytun. 

"Berdirinya Al Zaytun di wilayah Indramayu untungnya apa untuk masyarakat sekitar, dan manfaatnya apa, makanya saya kalau liat di media sosial, saya paling geram ada pembela Ma'had Al Zaytun, yang mengatakan siap pasang badan, ini lah, itu lah, saya paling geram." ujar Kartono.

Selain itu menurut Kartono, warga menganggap sejak berdirinya Ponpes Al Zaytun tidak memiliki andil dan manfaat bagi warga sekitar, justru malah mengganggu harmonisasi kehidupan di lingkungan. 

"Masalanya beliau-beliau itu tidak berdekatan hanya melihat secara gedung tempat, kalau kita di sini berdekatan, dari aspek isnsprastruktur jelas rusak, dari aspek perekonomian masyarakat di persempit, tanahnya di beli di produksi engga di kerjakan oleh warga engga boleh. Diarea Al Zaytun warga engga boleh beraktivitas, dilarang masuk, jangan kan ranting rumput gak boleh di ambil. Sedangkan Panji Gumilang bilang budaya toleransi, sama masyarakat sekitar kaya ibarat air sama minyak gak mau bersatu," lanjut Kartono.

Sementara menurut Sein, warga Blok Kedung Kacip, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu juga mengeluhkan Al Zaytun yang tidak memberikan kesempatan bagi warga sekitar untuk bisa mengikuti pendidikan di Al Zaytun. 

"Bagi masyarakat sekitar engga ada manfaatnya, yang namanya pusat pendidikan, warga sini emang ada yang sekolah di sini, engga ada, Karena aturan nya berbeda, jangankan mau masuk sekolah kita beraktifitas (warga sekitar) kalau mau lewat wilayah Al Zaytun harus menempuh prosedur dulu, kita kan warga sini dulu sebelum ada Al Zaytun, biasa beraktifitas di sini gembala kambing, cari rumput, sekarang adanya pembangunan itu terbatas, saya dari lahir asli orang sini jadi tau," keluh, Sein, Warga Mekarjaya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral