Suasana di Masjid Raya Al Jabbar Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • tim tvOne - Cepi Kurnia

Hindari Donasi Palsu, Masjid Raya Al Jabbar Bandung Tak Pasang QRIS

Kamis, 13 April 2023 - 15:06 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Mengantispasi terjadinya donasi palsu yang memanfaatkan QRIS di sejumlah masjid, pengurus dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Al Jabbar yang berada di Kecamatan Gede Bage, Kota Bandung, Jawa Barat tidak memasang QRIS bagi jamaah yang mau beramal. Selain itu Masjid Raya Al Jabbar juga tidak menerima titipan pemasangan QRIS dan kotak amal dari pihak luar. 

Baru-baru ini polisi menangkap pelaku yang memanfaatkan donasi masjid yang menggunakan QRIS. Modusnya, pelaku mengganti kode yang ditempel oleh pengurs DKM di area masjid. Untuk mengantisipasi hal serupa, DKM Masjid Raya Al Jabbar tidak memasang QRIS untuk mengumpulkan donasi jamaah. 

"Al Jabar tidak memasang, itu untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan untuk mencegah Oknum yang tidak bertanggungjawab mencuri jariah yang mengatasnamakan Al Jabar," kata Acong Pengurus Masjid Raya Al Jabbar saat dikonfirmasi, tvOnenews.com, Kamis (13/04/2023). 

Lanjut Acong, DKM juga menolak pihak mana pun atau yayasan yang ingin memasang QRIS atau kotak amal yang dititipkan di Masjid Raya Al Jabbar.

"Kemarin ini juga ada dari luar yang ingin memasang QR Qode tapi, menolak karena itu tadi khawatirkan memanfaatkan nama Al  Jabar untuk meraup keuntungan," katanya.

Lebih lanjut Acong juga menginformasikan bahwa di Al Jabbar juga kerap menjadi sasaran pencuri, seperti Al Quran yang hilang dan mukena untuk jamaah perempuan banyak yang hilang. 

"Padahal sudah di tulisin untuk tidak di bawa pulang, ini sudah banyak juga jumlah yang hilang, rak rak saja sampai kosong," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral