Penemuan Senjata Sisa Perang DI/TII.
Sumber :
  • Lutfi Setia Rafsanjani

Warga Cibeusi Sumedang Dikagetkan dengan Penemuan Senjata serta Amunisi Aktif Sisa Perang DI/TII

Senin, 3 April 2023 - 22:59 WIB

Kabupaten Sumedang, tvOnenews.com - Seorang warga Dusun Bojong Eureun, Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, dikagetkan dengan ditemukannya senjata api mesin jenis mitraliur beserta peluru aktif peninggalan perang DI/TII, Senin (03/04/23) petang.

Penemu senjata tersebut adalah Nuryana, anak keenam dari seorang pejuang kemerdekaan RI pada masa perang DI/TII tahun 1940an, yakni Serda Darja'ie yang meninggal dunian sekira 3 bulan yang lalu.

Nuryana mengungkapkan, awal mula ditemukannya senjata api itu saat dirinya mengurus surat-surat pensiun sang ayah di Koramil Jatinangor. Nuryana pun membongkar lemari yang diwasiatkan sang ayah untuk tidak dibongkar hingga sang ayah meninggal.

"Karena bapa saya kan tegas orangnya, orang masuk kamar juga ga boleh walaupun anaknya juga. Pas bapa meninggal, saya penasaran bongkar ternyata ada itu (senjata api)," Ungkap Nuryana.

Setelah menghubungi aparat koramil untuk memastikan senjata api yang ditemukannya, lanjut Nuryana, Ia sempat merasa takut bermasalah. Nuryana pun menyerahkan senjata api tersebut ke aparat TNI dan langsung diterima oleh Danrem 062 Tarumanagara, Kolonel Inf Asep Sukarna, di rumah kontrakan Darja'ie di Kampung Babakan Cikeruh, Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

"Saya ga ngerti, kata aparat sih bapa saya bukan orang sembarangan. Sebelumnya belum tau sosok bapa, soalnya saya awam sama masalah begitu, jadi saya menyerahkan, dari TNI kembali ke TNI," Tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:41
01:11
14:44
02:37
00:48
01:45
Viral