Penjabat Wali Kota Nurdin didampingi Kepala DKP Muhdorun saat mendengar paparan dari dokter hewan hasil pemeriksaan yang dilakukan di lapak pedagang.
Sumber :
  • Antara

Pemkot Tangerang Sosialisasi Prosedur Pemotongan Hewan Kurban ke DKM

Jumat, 14 Juni 2024 - 13:35 WIB

Tangerang, tvOnenews.com - Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Banten telah memberikan sosialisasi terkait pemotongan hewan kurban sesuai dengan prosedur kepada pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Kota Tangerang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Muhdorun di Tangerang, Jumat, mengatakan sosialisasi tersebut dilakukan untuk membekali panitia pemotongan hewan kurban agar memiliki kompetensi sesuai dengan prosedur pemotongan hewan yang baik, higienis, dan memprioritaskan aspek kesehatan.

DKP Kota Tangerang menghadirkan akademisi asal Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Institut Pertanian Bogor (IPB), untuk menjelaskan mengenai prosedur pemotongan hewan yang baik

“Kami menghadirkan sosialisasi ini secara khusus dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan ibadah kurban dengan cara yang baik, bersih, aman, dan tentunya beretika,” katanya.

Ia menambahkan sosialisasi tersebut juga menyampaikan aspek-aspek lainnya yang diperlukan dalam pemotongan hewan kurban yang baik.

"Misalnya saja informasi mengenai kesejahteraan hewan, penanganan daging kurban agar tetap aman dikonsumsi, sampai teknik pengelolaan limbah hasil pemotongan agar tidak mencemari lingkungan sekitar," katanya.

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga menggelar pelatihan sembelih halal hewan kurban yang diikuti oleh 120 orang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:40
01:36
02:54
03:23
03:27
02:20
Viral