Warga pantai Paga NTT, Temukan Dugong terdampar Sabtu (23/4/2022) malam..
Sumber :
  • tim tvOne - Oktavianus Fredi Koban

Warga Pantai Paga NTT Temukan Dugong Terdampar

Minggu, 24 April 2022 - 08:00 WIB

Sikka, Nusa Tenggara Timur - Warga pesisir pantai selatan desa Paga kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (23/4/2022) malam, dihebohkan dengan penemuan seekor Dugong atau duyung yang terdampar. 

"Ya tadi sekitar jam 7 malam, dugong ini ditemukan oleh seorang ibu dan anak yang tengah mencari ikan saat air laut surut," kata Bripka Jainudin Kasim, Kanit Intelkam Polsek Paga, Minggu (24/4/2022).

Dikatakan Bripka Jainudin, saat ditemukan terdampar, tubuh dugong terlihat seperti mengalami luka goresan dibagian punggung dan diduga terpisah dari induknya. "Dugong ini diperkirakan berusia 1 tahun dan diduga terpisah dari induknya," Ujarnya. 

Rencananya, lanjut Bripka Jainudin, dugong ini akan diantar nelayan setempat ke tengah laut menggunakan perahu motor agar tidak mati dan bisa menemukan induknya. 

"Kita akan meminta nelayan untuk mengamtar kembali dugong yang terdampar ini ke tengah laut agar bisa hidup kembali di habitatnya. Dan kita pun meminta agar setiap nelayan yang menemukan ikan seperti ini tidak boleh dimusnahkan, karena dilindungi oleh negara," ungkap Bripka Jainudin. 

Sementara itu, Aty Making, salah satu warga yang datang melihat kondisi dugong mengakakan, sudah beberapa hari terakhir, pantai Paga selalu didatangi anak dugong. 

"Setiap kali terdampar di pantai, nelayan pun antar ke tengah laut, namun tiba-tiba dugong datang lagi," Kisah Aty Making. (ofk/ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral