Kebakaran hutan di lereng Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali.
Sumber :
  • tvOne - aris wiyanto

Kebakaran di Gunung Agung Meluas Capai 145 Hektar, BPBD Rancang Hujan Buatan

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 11:07 WIB

Karangasem, tvOnenews.com - Kebakaran kawasan hutan di Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali, kian meluas dan sudah mencapai 145 hektar lahan hutan yang terbakar.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan, saat ini di titik awal area kebakaran di wilayah Hutan Lindung Munduk, Pengubengan, Desa Besakih, Kabupaten Karangasem tidak terlihat titik api atau asap, dan diperkirakan luas area lahan terbakar seluas 120 hektar.

"Kemudian kemarin meluasnya kebakaran hutan di Hutan lindung Munduk Pengalusan, Desa Ban, dengan area luasan kebakaran 25 hektar dan saat ini masih terlihat satu titik asap kecil dan total area lahan terbakar 145 hektar," kata Arimbawa, saat dikonfirmasi Jumat (18/10) sore.

Ia menyebutkan, untuk lokasi kebakaran hutan di ketinggian 2000 mdpl dan masih jauh dari tempat ibadah atau pura dan rumah masyarakat, dan asap dampak kebakaran tidak menggangu aktivitas masyarakat karena arah asap cenderung ke atas.

"Yang terbakar vegetasi (seperti pohon) cemara, pinus dan semak belukar," imbuhnya.

Arimbawa mengatakan, pihaknya berencana membuat hujan buatan. Rancangan ini sudah dibuat dengan beberapa pihak terkait.

"Hujan buatan baru rencana karena itu perlu proses dan apabila kondisi kebakaran meluas. Tapi syukur titik api atau asap tidak terlihat dan masih satu titik api asap sangat tipis," ujarnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:55
01:18
01:38
03:04
12:58
01:47
Viral