Fenomena ribuan ikan naik ke permukaan laut di pantai Wairhuning, Desa Tanaduen, Kecamatan Kangae.
Sumber :
  • oktavianus fredi koban

Ribuan ikan kembung naik ke bibir pantai, Kadis Perikanan: Akibat Perubahan Arus Laut

Kamis, 9 Mei 2024 - 12:42 WIB

Sikka, tvonenews.com - Warga Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, dihebohkan dengan fenomena ribuan ikan naik ke permukaan laut di pantai Wairhuning, Desa Tanaduen, Kecamatan Kangae. 

Dalam sekejap, fenomena alam ini pun langsung viral di media sosial. Ratusan warga pun berbodong-bondong datang ke lokasi kejadian untuk mengambil ikan. 

"Ini kejadian langkah dan baru terjadi di Maumere untuk pertama kali," ungkap Nong Anang, salah satu warga Tanaduen, Selasa (8/5/2024). 

Menurut Anang, memang dalam sebulan terakhir, ikan jenis kembung ini sangat banyak dan mendominasi pasokan ikan yang ada di kabupaten Sikka. 

"Kita di sini ikan ini banyak sekali di jual dengan harga murah. Biasa ikan ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis ikan lain," tuturnya. 

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sikka, Paul Bangkur, kepada tvOnenews.com mengatakan, fenomena ribuan ikan naik ke bibir pantai ini akibat adanya pergerakan makanan ikan yang terbawah arus di daerah pesisir pantai. 

"Ini salah satu faktornya akibat suplai arus ke permukaan yang membawa planton sebagai sumber makanan ikan," terang Paul Bangkur. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral