ASEAN SOMTC.
Sumber :
  • aris wiyanto

Negara Anggota ASEAN Bahas Kerjasama Pemberantasan Terorisme Asia Tenggara di Bali

Kamis, 18 Mei 2023 - 20:02 WIB

Badung, tvOnenews.com - Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Mabes Polri menyelenggarakan Pertemuan Kelompok Kerja ASEAN SOMTC terkait Pemberantasan Terorisme Ke-19 (19th SOMTC WG on CT) yang diselenggarakan di Bali, Kamis (18/5).

Pertemuan ini merupakan wadah bagi negara-negara anggota ASEAN untuk berkumpul dan mendiskusikan strategi serta inisiatif dalam upaya pemberantasan terorisme di wilayah Asia Tenggara. 

Dibawah kepemimpinan Indonesia sebagai ketua, pertemuan dimulai dengan sambutan hangat dan kata pembukaan dari Deputi Kerjasama Internasional BNPT, Andhika Chrisnayudanto. 

Salah satu agenda utama pertemuan ini adalah presentasi dari setiap negara anggota ASEAN ,mengenai pembaruan strategi nasional dan upaya dalam pemberantasan terorisme di negara masing-masing maupun di level kawasan. Sesi ini memberikan peluang bagi negara-negara ASEAN untuk bertukar wawasan, pengalaman, praktik terbaik hingga hambatan yang dihadapi. 

Hasil dari pembicaraan dalam pertemuan Pokja ASEAN SOMTC ini, nantinya akan dibawa ke pertemuan pejabat senior ASEAN yang menangani kejahatan lintas negara atau ASEAN Senior Official Meeting on Transnational Crime (SOMTC) yang akan digelar pada 19-23 Juni mendatang. 

"Nantinya ini akan dibawa ke tingkat ASEAN SOMTC, itu adalah pertemuan tingkat menteri, dalam rangka untuk penanggulangan kejahatan transnasional terorisme," ujar Andika Chrisnayudanto. 

Peserta pertemuan juga terlibat dalam diskusi mengenai implementasi dan rencana ke depan dokumen-dokumen ASEAN terkait pemberantasan terorisme. Berbagai proyek juga dibahas, termasuk proyek yang telah berhasil diimplementasikan maupun proyek-proyek yang sedang berlangsung. Proyek-proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama regional dan mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh terorisme. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral