Ribuan Rumah Warga Rusak Terdampak Gempa Kab. Bandung

Kamis, 19 September 2024 - 12:00 WIB

Kab. Bandung, tvOnenews.com - Lebih dari 5.000 unit rumah warga rusak akibat gempa 5,0 magnitudo yang mengguncang kawasan Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu (18/9/2024) siang. 

Gempa yang berpusat di daratan ini menyebabkan ribuan rumah rusak, sebagian bahkan roboh hampir rata dengan tanah. 

Adapun salah satu wilayah yang terdampak paling parah adalah Desa Ciperet yakni di Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.  Sebanyak 22.000 warga terpaksa mengungsi ke tenda yang disiapkan oleh pihak BPBD dan pemerintah setempat. 

Berdasarkan data dari BMKG, telah terjadi sekitar 30 kali gempa susulan, sehingga warga diminta untuk tidak menempati rumah yang terdampak gempa. 

Gempa ini menyebabkan sebanyak 24 orang menjadi korban luka, dua diantaranya mengalami luka berat. 

Sementara itu, pasca gempa 5,0 magnitudo yang ikut mengguncang Garut, Jawa Barat, pihak pemerintah daerah Garut telah menetapkan masa tanggap darurat. 

Dengan penetapan tanggap darurat tersebut, petugas gabungan pun dibantu warga langsung bergerak cepat berupaya memperbaiki rumah warga yang terdampak gempa. 

Diketahui, sebanyak 15 rumah warga dilaporkan mengalami rusak ringan hingga rusak berat. 

Sementara itu, aparat desa juga mulai mendata kepala keluarga korban gempa untuk keperluan distribusi bantuan di beberapa posko bantuan. Simak video berikut, untuk mengetahui selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral