Gempa di Garut Picu Kepanikan, Getaran Terasa Besar dan Cukup Lama

Rabu, 18 September 2024 - 12:09 WIB

Garut, tvOnenews.com - Gempa yang mengguncang Kabupaten Bandung siang ini terasa hingga wilayah Garut, Jawa Barat terutama di Mapolres Garut. 

Guncangan gempa ini pun memicu kepanikan warga hingga berhamburan keluar bangunan untuk menyelamatkan diri. 

Situasi ini juga dirasakan di depan Mapolres Garub beberapa saat usai terjadinya guncangan gempa yang cukup terasa di Garut, Jawa Barat. 

Pihak Polres Garut pun langsung melakukan pendataan ari dampak gempa yang menimpa Kabupaten Bandung, Lokasinya tepat di 24 tenggara Kabupaten Bandung 7.19 Lintang Selatan dan 107.67 Bujur Timur ini.

Hingga saat ini, masih belum ada laporan resmi terkait adanya korban jiwa maupun luka akibat dampak dari gempa. 

Sementara itu, Pihak Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyebut tidak ada dampak seperti retakan tanah di Jawa Barat dan sekitarnya setelah adanya gempa tersebut. 

Masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya juga tetap diminta untuk waspada karena berdasarkan data Badan Geologi sebagian besar wilayah yang merasakan guncangan gempa ini terletak pada Kawasan Rawan Bencana (KRB) untuk gempa bumi golongan menengah hingga tinggi.

Adapun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat kejadian gempa tersebut mengakibatkan kerusakan rumah penduduk di Desa Cikembang, Cibeureum, Tarunajaya, Kabupaten Bandung dan di Kabupaten Garut. Simak video berikut, untuk mengetahui selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral