Gejala dan Penyebab Sirosis Hati, Akibat Kebanyakan Paracetamol?

Selasa, 6 Agustus 2024 - 16:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Saat merasa sakit, tak jarang paracetamol menjadi penolong pertama dalam mengatasi rasa nyeri tersebut.

Adapun dalam dunia medis, obat paracetamol atau acetaminophen sebenarnya memiliki manfaat utama, yaitu untuk meredakan rasa nyeri dan menurunkan demam. Namun, selain itu, obat yang dijual bebas ini juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan lainnya.

Namun dalam penggunaannya, paracetamol dilarang untuk dikonsumsi terlalu sering. 

Hal ini dikarenakan paracetamol yang merupakan obat mengandung kimia yang dapat merusak organ tubuh yaitu ginjal dan ati atau yang sering dikenal dengan sirosis hati. 

Sirosis hati adalah kondisi serius pada penyakit hati. Sirosis hati ditandai dengan kerusakan jaringan hati yang digantikan oleh jaringan parut secara permanen yang mengakibatkan hati tidak dapat berfungsi optimal.

Ketika terjadi sirosis, cedera hati akan meninggalkan bekas luka dan membuat hati tidak bekerja dengan optimal. Hal ini berdampak dalam proses pembuatan protein, pencernaan nutrisi makanan, penyimpanan energi, serta melawan infeksi.

Lantas apa penyebab dari penyakit tersebut dan bagaimana gejalanya? simak video berikut, untuk mengetahui selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral