Menpora Berikan Pesan Menohok soal Program Naturalisasi PSSI Banjir Kritik.
Sumber :
  • Kemenpora

Pesan Menohok Menpora soal Program Naturalisasi PSSI, Singgung Masa Depan Pemain Lokal

Kamis, 21 Desember 2023 - 19:04 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, menyatakan sikap tegasnya soal program naturalisasi PSSI yang banyak menuai kritik dari beberapa pihak pada saat ini. 

PSSI sejatinya menggencarkan program naturalisasi demi meningkatkan kualitas Timnas Indonesia. Performa skuad Garuda diharapkan naik signifikan, sehingga bisa menembus putaran final Piala Dunia pada masa mendatang. 

Sederet nama pemain keturunan Indonesia yang punya teknik olah bola mumpuni pun berhasil dinaturalisasi. Sebut saja, misalnya Shayne Pattynama, Ivar Jenner, hingga yang terkini Justin Hubner. 

Akan tetapi, program naturalisasi yang digagas PSSI bukan tanpa polemik. Sederet tokoh sepak bola Tanah Air pun dengan lantang menyuarakan kritik. 

Salah satu figur yang paling keras bersuara soal naturalisasi adalah mantan pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini. Dalam pernyataan terbarunya, sosok berusia 58 tahun itu bahkan meminta para suporter tidak banyak memuji para pemain keturunan. 

Riuh program naturalisasi PSSI itu lantas membuat Menpora bersikap tegas, hingga memberikan pesan menohok kepada para pengkritik. 

"Jadi prinsipnya, secara garis besar komitmen kami bukan ingin mematikan pembinaan lokal. Itu sama sekali tidak benar," tegas Menpora di Jakarta, Kamis (21/12/2023). 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral