Federasi Sepak Bola Belanda komentari program naturalisasi Timnas Indonesia.
Sumber :
  • Instagram @marcklok

Federasi Sepak Bola Belanda Dibuat Pusing Gegara Banyak Pemainnya Dinaturalisasi oleh Timnas Indonesia: Tentu Saja Boleh, Asalkan ...

Sabtu, 16 Desember 2023 - 11:04 WIB

tvonenews.com - Timnas Indonesia di bawah PSSI tengah gencar-gencarnya melakukan program naturalisasi terhadap para pemain keturunan yang berkarier di Eropa.

Kebanyakan dari mereka ialah memiliki keturunan Belanda. Hal ini tidak terlepas dari aspek historis masa lalu karena negara tersebut pernah menduduki Indonesia di Perang Dunia 1 dan 2.

Atas dasar itu, kemudian banyak orang Belanda yang menikah dengan warga negara Indonesia. Mereka pada akhirnya membawa keluarganya untuk menetap di Negeri Kincir Angin tersebut. 

Dari keturunan itu, lahirlah para pesepakbola hebat yang berkarier di Eropa seperti Giovanni Van Bronckhorst, Nigel De Jong, dan Robin Van Persie yang membawa Belanda menjadi runner-up Piala Dunia 2010.

Sadar akan hal itu, Indonesia kemudian memanfaatkan situasi dengan mencari pemain keturunan di Belanda yang memiliki prestasi bagus.

Tercatat sejak tahun 2010, Indonesia telah memulai untuk melakukan naturalisasi dan pada masa kepelatihan Shin Tae-yong di tim Garuda, program itu kembali dilanjutkan.

Nama-nama seperti Marc Klok, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Rafael Strucik, Sandy Walsh, dan Ivar Jenner merupakan pemain keturunan Belanda yang baru-baru ini memperkuat Timnas Indonesia melalui program naturalisasi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral