25 Ribu Benih Ikan Jelawat Ditebar di Sungai Pengumbak.
Sumber :
  • Tim TvOne/Puja Kusuma

25 Ribu Benih Ikan Jelawat Ditebar di Sungai Pengumbak

Jumat, 8 Oktober 2021 - 13:28 WIB

Musi Banyuasin, Sumsel - Sebanyak  25 ribu benih ikan jelawat ditebar di Sungai Pengumbak, Desa Petaling, Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Penebaran benih yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Perikanan ini guna meningkatkan populasi ikan di perairan Sungai Pengumbak. 

"Iya, tadi kami restocking sekitar 25 ribu ikan, yang ditebar adalah bibit ikan jelawat atau bahasa dusun disebut ikan kelemak yang dianggarkan melalui dana APBD 2021,” kata Kepala Dinas Perikanan Muba Hendra Tristomi. 

Menurutnya, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam menanggulangi penurunan hasil tangkapan ikan, baik secara kualitas dan kuantitas. Selain itu, adanya kesadaran bahwa perlunya pemanfaatan perairan untuk pengembangan kegiatan perikanan berbasis budidaya.

"Adapun tujuan restocking selain menambah stok ikan di perairan, juga agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi. Sekaligus bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang," pungkasnya. 

Sementara, Camat Lais Demoon Harian Eka Suza dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas kegiatan dinas Perikanan Muba sebagai salah satu bentuk pelestarian ikan. 

"Karena Sungai Pengumbak adalah salah satu sungai yang cukup penting di Desa Petaling, anak Sungai Pengumbak menjadi objek lelang setiap tahun guna menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Musi Banyuasin dan juga income desa," jelasnya.

Melalui tebar benih ikan tersebut, masyarakat berharap ekosistem sungai tetap terjaga, sehingga generasi ke depan masih bisa menikmati manfaat dari ikan-ikan yang ada di sungai tersebut. (Puja Kusuma/wan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
20:23
01:09
04:03
08:05
04:45
01:09
Viral