Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat langsung penanganan tengkes (stunting) di Kabupaten Brebes, Rabu (2/11/2022)..
Sumber :
  • ANTARA

Peluang Ganjar Pranowo Didekati PAN dan PPP Tertutup, Begini Analisisnya

Minggu, 6 November 2022 - 12:57 WIB

Jakarta - Peneliti Utama Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Siti Zuhro menyoroti kemungkinan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo masuk radar calon presiden (Capres) Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Namun, kondisi itu tidak bakal mudah karena terhalang Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan Partai Golkar, yang mana akan mengusung Airlangga Hartarto.

Menurut Siti Zuhro, PAN dan PPP bisa melangkah terlebih dahulu untuk mengedepankan koalisi, daripada mengusung salah satu nama bakal Capres 2024.

"Kalau enggak bisa semuanya dilampaui, ya, selangkah KIB dulu. Calonnya belum," ujar Siti Zuhro seusai dihubungi, Minggu (6/11/2022).

Dia menjelaskan kader PAN dan PPP sebenarnya juga tidak semua mengarah kepada Ganjar Pranowo. Namun, beberapa kader juga ada yang bahkan mendukung Anies Baswedan maju sebagai Capres 2024.

Menurutnya, kondisi itu tidak menjadi masalah ketika kedua partai kuat masuk KIB.

"Itu yang mungkin bisa terjadi kepada partai sebelumnya, sehingga koalisi yang dipegang. Nah, kebetulan KIB itu juga sama-sama di kabinet," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral