Krematorium TPU Tegal Alur Mulai Difungsikan Sabtu (24/7).
Sumber :
  • Ken Anne

Krematorium Gratis Jenazah Covid-19 di Tegal Alur Mulai Difungsikan

Sabtu, 24 Juli 2021 - 13:04 WIB

Jakarta - Krematorium gratis untuk  jenazah korban Covid-19 yang dibangun di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat, hari ini Sabtu (24/7) mulai difungsikan. Setidaknya ada lima jenazah yang di kremasi pada pembukaan kali ini.

Penanggung Jawab Krematorium TPU Tegal Alur Andreas Sopiandi mengatakan, proses kremasi jenazah sendiri memakan waktu hingga 2,5 jam untuk satu jenazah dengan mesin berkekuatan 1.000 derajat celsius. Adapun jumlah jenazah yang dapat dikremasi mencapai  6 jenazah per hari.

Pihak pemda DKI Jakarta menyebutkan, pengadaan krematorium gratis ini dimaksudkan agar tak ada jenazah Covid-19 warga yang telantar.

"Jadi kami bisa mengerjakan itu sekitar 2,5 jam per satu jenazah. Bisa sekitar lima hingga enam jenazah per hari yang bisa dikremasi," kata Andreas.

Andreas menegaskan, bagi warga yang anggota keluarganya meninggal dan akan menggunakan layanan kremasi gratis, cukup menyertakan KTP dan surat keterangan kematian dari pihak Rumah Sakit.

"Perlu dicatat, pelayanan kami ini gratis," jelas Andreas.

Pengadaan krematorium ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Organisasi Sosial Himpunan Bersatu Teguh. Krematorium berlokasi di dalam kompleks TPU Tegal Alur, tak jauh dari kantor pengelola. Proses pembangunan Krematorium untuk jenazah korban Covid-19 di TPU Tegal Alur ini dibangun dalam waktu sepekan saja. (ken/boy/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral