Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bekasi menggelar penguatan internalisasi pelayanan publik.
Sumber :
  • Istimewa

Satgas Saber Pungli dan Ombudsman Apresiasi Layanan Keimgrasian Minim Laporan Pungli

Selasa, 20 Agustus 2024 - 19:57 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bekasi menggelar penguatan internalisasi pelayanan publik pada Selasa (20/8/2024).

Kegiatan yang berlangsung di ruang serbaguna Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bekasi ini menghadirkan Sekretaris Satgas Saber Pungutan Liar (Pungli) RI, Irjen Pol Andry Wibowo sebagai narasumber. 

Staf Ahli Ideologi dan Konstitusi Kemenko Polhukam RI ini menyebut layanan keimigrasin termasuk yang paling rendah pungli berdasrakan laporan masyarakat. 

"Dari aduan yang ada berbasis statistik yang ada sementraa waktu imigrasi termasuk salah satu kantor yang laporan aduanya rendah, sangat rendah. Kita kan ada dua basis ya, basis online report dan kemudian basis pelayanan publik yang langsung datang ke posko-posko pengaduan nah dari dua statistik ini ya imigrasi termasuk salah satu kantor yang memliki catatan pelaporan pengaduan yang relatif sangat kecil, kalo kita lihat dari sejumlah varian layanan imigrasi di seluruh Indonesia," jelas Andry Wibowo dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Menurut Andry kepuasan pada pelayanan publik yang baik merupakan bentuk konsitensi perbaikan sistem yang terus dilakukan di berbagai sektor pelayanan publik termasuk pada layanan keimigrasian. 

"Tadi secara rundom dan spontan kita lakukan interview terhadap customer imigrasi dan dari rundom tersebut mereka umumnya menyatakan puas terhadap pelayanan. Artinya perbaikan yang dilakukan secara kontinue, tersistem, tersetruktur, terevaluasi secara baik menghasilkan kemudian pelayanan publik dalam sektor imigrasi yang juga lebih baik dari masa lalu dan ini secara spontan disampaikan oleh masyarakat," tambahnya.

Andry berharap pelayanan publik yang sudah baik dapat dijaga keberlanjutan dan konsistensinya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral