Soal Penghapusan Diskriminasi Perempuan, Menteri PPPA Minta Seluruh Sektor Terlibat Penyusunan Laporan ke Komite CEDAW.
Sumber :
  • istimewa

Soal Penghapusan Diskriminasi Perempuan, Menteri PPPA Minta Seluruh Sektor Terlibat Penyusunan Laporan ke Komite CEDAW

Kamis, 15 Agustus 2024 - 01:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga meminta semua pihak terlibat dalam penyusunan laporan penghapusan diskriminasi perempuan ke komite CEDAW.

Menteri PPPA Bintang juga berharap laporan kepada komite CEDAW itu dapat menjelaskan pencapaian secara spesifik yang sudah dicapai.

Adapun Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination Against Women (CEDAW) adalah kesepakatan internasional yang bertujuan untuk menghapus segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan.

"Kerja sama antara pemerintah dengan lembaga non pemerintah merupakan hal yang penting. Khususnya dalam penghapusan diskriminasi kepada perempuan,” ucap Bintang, Rabu (14/8/2024).

Menurut Bintang, membuat laporan pelaksanaan ini adalah salah satu konsekuensi Indonesia dari upaya meratifikasi konvensi CEDAW. Adapun, laporan ini akan diserahkan kepada komite CEDAW di PBB.

Dia menjelaskan, kasus-kasus diskriminasi terhadap perempuan yang masih banyak terjadi perlu menjadi perhatian besar dan kerjasama sinergi lintas sektor untuk mendapatkan persepsi yang sama dalam penyusunan laporan.

“Komite CEDAW menekankan aspek perbaikan misalnya dalam hal akses perempuan pada keadilan. Sayangnya belakangan ini terjadi peristiwa bebasnya pelaku kekerasan terhadap perempuan atau ditetapkannya pendamping korban kekerasan seksual sebagai tersangka," ungkap dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral