Saka Tatal saat melakukan sumpah pocong.
Sumber :
  • Fathnur Rohman-Antara

Saka Tatal Disebut Sudah Menangkan Opini Publik Usai Lakukan Ritual Sumpah Pocong, Budayawan Sujiwo Tejo: Percaya atau Tidak, Orang Takut Juga

Rabu, 14 Agustus 2024 - 07:26 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Budayawan Sujiwo Tejo menilai Saka Tatal eks terpidana kasus Vina Cirebon sudah memenangkan opini publik usai melakukan ritual sumpah pocong di Padepokan Amparan Jati pada Jumat (9/8/2024) lalu. 

“Yang jelas, dia memenangkan opini publik loh,” katanya di acara Catatan Demokrasi tvOne yang tayang pada Selasa (13/8/2024). 

Dia mengatakan sumpah pocong memang tidak ilmiah. Namun, kata dia, apabila seseorang sudah percaya terhadap sumpah pocong dan tahu konsekuensinya jika berbohong berarti dia sangat yakin. 

“Ada enggak metode penelitian ilmiah untuk mengecek keyakinannya? Dia yakin banget dia enggak salah. Karena di dunia ini ada gaib dan enggak jadi harus percaya. Sumpah pocong itu kayak ilmu sihir,” katanya. 

Saka Tatal saat sumpah pocong. Dok: Tangkapan layar

Sujiwo Tejo pun memberikan contoh. Saat berkumpul dengan kolega-koleganya, mereka membicarakan soal kepercayaan ilmu sihir seperti santet yang menurutnya tidak jauh beda dengan sumpah pocong.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral