Mantan Bupati Langkat dinyatakan bebas di kasus kerangkeng manusia.
Sumber :
  • Aris-Antara

Komnas HAM Sesalkan Putusan Bebas Mantan Bupati Langkat di Kasus Kerangkeng Manusia

Rabu, 10 Juli 2024 - 10:29 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Komnas HAM menyesalkan putusan bebas yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara kepada mantan Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin atas perkara Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Sebelumnya, kasus yang menjerat mantan Bupati Langkat itu berawal dari penemuan praktik kerangkeng manusia di kediaman pribadinya di Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara pada 19 Januari 2022.

Kerangkeng manusia ini disebutkan bakal digunakan untuk “memenjarakan” pekerja kebun kelapa sawit milik Terbit.

Namun, dia mengklaim kerangkeng manusia berukuran 6 x 6 meter yang terbagi dua kamar itu merupakan sel untuk membina pelaku penyalahgunaan narkoba.

Namun, polisi menyebut kerangkeng manusia dimaksud belum memiliki izin dan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan menegaskan bahwa kerangkeng di rumah Terbit tidak bisa disebut sebagai tempat rehabilitasi.

Terhadap kasus ini, Komnas HAM telah melakukan penyelidikan yang mana hasilnya ditemukan sejumlah temuan diantaranya adanya tindakan kekerasan dan perlakuan yang merendahkan martabat manusia.

Namun, dalam amar putusan yang dibacakan pada Senin (8/7/2024) lalu majelis hakim PN Stabat menyatakan bahwa Terbit tidak terbukti bersalah sebagaimana dakwaan penuntut umum. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:41
01:11
14:44
02:37
00:48
01:45
Viral