Ilustrasi hujan lebat..
Sumber :
  • Antara

Ternyata Ini Penyebab Indonesia Masih Diguyur Hujan Meski Sudah Masuk Kemarau, Simak Penjelasan BMKG

Minggu, 7 Juli 2024 - 09:25 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap penyebab curah hujan di Indonesia masih tingga saat ini meski sudah memasuki musim kemarau.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan, adanya peningkatan curah hujan di Indonesia saat ini meski sudah masuk kemarau, karena terdapat beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif.

"Potensi peningkatan hujan dipicu oleh adanya beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif berada di wilayah Indonesia, yakni fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang ekuatorial Rossby Kelvin, hingga pola sirkulasi siklonik dan La Nina juga semakin memperkuat potensi pembentukan awan penghujan itu," kata Guswanto dilansir dari Antara, Minggu (7/7).

Kombinasi pengaruh fenomena-fenomena tersebut diprediksi tim meteorologi BMKG bisa menimbulkan potensi hujan berintensitas sedang-lebat disertai petir dan angin kencang.

Adapun BMKG memprakirakan mayoritas kota besar di Indonesia diguyur hujan pada hari ini, Minggu.

Berdasarkan informasi dari laman resmi BMKG, hujan intensitas ringan diprakirakan turun di sejumlah wilayah, seperti Medan, Padang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Serang, Jakarta, Bandung, Palangkaraya, Banjarmasin, Mataram, Manokwari, dan Jayapura.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral