Bambang Soesatyo.
Sumber :
  • IST

Bertemu Wiranto, Bamsoet Singgung Parpol Cenderung Buru Calon Kepala Daerah Bukan Kader

Minggu, 7 Juli 2024 - 15:09 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo sempat menyinggung fenomena Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 saat melakukan silaturahmi kebangsaan ke Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto di kantor Wantimpres Jakarta Pusat, Jumat (5/7/2024). 

Menurut pria yang karib disapa Bamsoet ini, partai politik (parpol) justru cenderung memburu calon-calon kepala daerah yang bukan kader untuk maju di Pilkada. Padahal, Bamsoet mengatakan, idealnya calon penjabat daerah yang ditunjuk maju pilkada adalah sosok yang dibina dengan baik sejak awal di internal partai. 

"Sekarang ada kecenderungan parpol memburu calon-calon kepala daerah. Pertanyaannya, yang ideal seharusnya kepala daerah itu adalah berasal dari kader-kader parpol yang sudah dikader betul-betul," kata Bamsoet di kantor Wantimpres, Jakarta Pusat, Jumat (5/7/2024).

Saat Bamsoet Bicara soal Amendemen Berujung Diputus Langgar Kode Etik. Bamsoet lantas menilai, ada sejumlah kelebihan jika calon kepala daerah merupakan kader internal partai. Bupati Sidoarjo Terlibat Korupsi, Wakil Bupati Subandi Pilih Mimik Idayana. 

Di antaranya, mereka cenderung mengerti ideologi partai, serta memiliki pemahaman kebangsaan dan daerah yang akan dipimpin. 

"Jadi kecenderungan-kecenderungan ini tadi sempat kita singgung. Apakah pilihan politik kita hari ini lebih banyak manfaatnya atau justru lebih banyak mudaratnya. Itu nanti kita serahkan pada pemerintah yang akan datang, maupun kepada pimpinan MPR yamg akan datang," ujarnya. 

Adapun dalam silaturahmi itu, kedua belah pihak juga membicarakan wacana amendemen UUD 1945. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral