Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Istana Kepresidenan.
Sumber :
  • Rangga Pandu-Antara

Mau Datangkan Dokter Asing, Menkes Budi Gunadi Sebut Kemampuan Dokter di Indonesia untuk Lakukan Operasi Jantung Baru Berkisar 6.000 Pasien per Tahun

Selasa, 2 Juli 2024 - 13:07 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Mau mendatangkan dokter asing, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut kemampuan dokter di Indonesia untuk melakukan operasi jantung baru berkisar 6 ribu pasien per tahun. 

Oleh karena itu, kata dia, misi utama pemerintah mendatangkan dokter asing adalah untuk menyelamatkan sekitar 12 ribu nyawa bayi per tahun yang berisiko meninggal dunia akibat kelainan jantung bawaan.

"Itu karena pada saat ini kita punya lebih 12 ribu bayi yang punya kelainan jantung bawaan," ujar Budi Gunadi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta usai menghadiri rapat internal bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (2/7/2024).

Menkes menyebut penanganan kelainan jantung bawaan memerlukan tindakan operasi yang cepat.

"Enam ribu bayi ini kalau tidak tertangani memiliki risiko tinggi untuk meninggal. Kalau kita tunggu, risikonya makin tinggi," kata dia. 

Dia pun menegaskan kedatangan dokter asing untuk berpraktik di Indonesia itu sebenarnya untuk menyelamatkan 6 ribu nyawa bayi mengalami kelainan jantung.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral