Draft susunan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran periode 2024-2029 kembali viral. Banyak nama-nama menteri, kepala lembaga, hingga jaksa agung yang wajahnya sudah tidak asing lagi..
Sumber :
  • Julio Trisaputra-tvOnenews.com

Draft Susunan Kabinet Pemerintahan Prabowo Gibran Periode 2024-2029, Inilah Daftar Menteri dan Kepala Lembaga yang Ditunggu-tunggu?

Rabu, 26 Juni 2024 - 14:21 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kiriman bertajuk Draft susunan kabinet pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka periode 2024-2029 kembali beredar media massa dan media sosial.

Terdapat 64 nama menteri, wakil menteri, kepala lembaga nonkementerian, dan jaksa agung yang digadang-gadang akan mengisi kabinet Prabowo-Gibran untuk lima tahun ke depan.

Dari daftar nama-nama tersebut, banyak sosok yang sudah tak asing lagi dalam kancah politik nasional. Kebanyakan nama yang tercantum diketahui merupakan orang-orang yang mendukung pasangan Prabowo-Gibran maju sebagai presiden dan wakil presiden.

Sebagian menteri di Kabinet Indonesia Maju Jokowi juga masih dipertahankan. Misalnya saja Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian, Sandiaga Uno sebagai Menparekraf, hingga Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi.

Nama-nama lama yang sebelumnya menjadi menteri andalan Jokowi seperti Luhut Binsar Pandjaitan, Sri Mulyani, Erick Thohir, hingga Hadi Tjahjanto tidak ada lagi. Selain itu, nama Thomas atau Tommy Djiwandono yang digadang-gadang akan menjadi pengganti Sri Mulyani di kursi Menteri Keuangan justru tidak tercantum.

Padahal, Tommy Djiwandono saat ini adalah Tim Ekonomi dan Keuangan dan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran yang terus berkoordinasi dengan Sri Mulyani. Posisi Menteri Keuangan yang dianggap sebagai salah satu jabatan penentu arah ekonomi dan kebijakan Indonesia justru diisi oleh Menkes RI Budi Gunadi Sadikin.

Berikut adalah Draft Susunan Kabinet Prabowo-Gibran Periode 2024-2029:

1. Menko Bidang Perekonomian: Airlangga Hartarto

2. Menko Bidang Energi, Investasi dan Lingkungan Hidup: Hatta Rajasa

3. Menko Bidang Politik, Hukum dan Keamanan: Tito Karnavian

4. Menteri Pertahanan dan Koordinator Pangan & Gizi & Kesehatan Masyarakat: Glenny Kairupan 

5. Menteri Sekretaris Negara: Ahmad Muzani 

6. Menteri Sekretaris Kabinet: Sugiono 

7. Menteri Dalam Negeri: Ari Dono Sukmanto 

8. Wakil Menteri Dalam Negeri: Musa Bangun

9. Menteri Luar Negeri: Lalu Muhammad Iqbal

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
00:55
02:20
08:04
01:27
01:32
Viral