Jamaah haji berjalan kaki menuju Jamarat di Mina, Makkah Arab Saudi, Senin (17/6/2024).
Sumber :
  • ANTARA

Banyak Haji Tak Berizin Meninggal Dunia di Musim Haji 2024, Sebagian Besar Pakai Visa Wisata

Kamis, 20 Juni 2024 - 10:37 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Otoritas Arab Saudi menyatakan bahwa banyak haji tak berizin meninggal dunia saat musim haji 2024 kali ini.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Media Arab Saudi, individu-individu tersebut masuk ke negara tersebut jauh sebelum musim haji dengan menggunakan visa kunjungan atau wisata.

“Individu tersebut menetap di Makkah hingga musim haji tiba dan melaksanakan ibadah haji tanpa izin yang tepat,” ucap Kementerian Media Arab Saudi dalam pernyataannya yang diterima di Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Sementara itu, Otoritas Saudi juga menyatakan bahwa Kementerian Luar Negeri Tunisia mengonfirmasi sebagian besar warganya yang meninggal saat menjalani haji tiba di Arab Saudi bukan dengan visa haji, namun dengan visa kunjungan, wisata, atau umrah.

Hal serupa juga dilaporkan Kementerian Luar Negeri Yordania turut melaporkan bahwa semua warga Yordania yang meninggal atau hilang ketika berhaji bukan bagian dari jamaah haji resmi negaranya.

Otoritas Saudi mengakui bahwa musim haji tahun ini diiringi dengan kenaikan suhu yang signifikan di Makkah hingga 45 derajat celsius.

Namun, karena tidak termasuk dalam rombongan haji resmi, jamaah tersebut tidak mendapat layanan akomodasi, makanan, atau transportasi yang dapat membantu mereka dalam berhaji dan mencegah dampak bahaya akibat cuaca panas.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral