Marcellus Hakeng Jayawibawa hadir dalam kegiatan Dialog Kebangsaan Universitas Negeri Surabaya.
Sumber :
  • Istimewa

Unesa Gelar Seminar Kebangsaan Tentang Pemuda dan Teknologi, Alumni Lemhannas : Indonesia Miliki Potensi Ekonomi Digital

Senin, 10 Juni 2024 - 04:15 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Transformasi digital telah menjadi pendorong utama perubahan di berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam memperkuat komitmen kebangsaan. 

Hal ini disampaikan Mochammad Nursalim dalam Seminar Kebangsaan dengan tema 'Gerakan Nasional Pemuda Sebagai Penggerak Transformasi Digital Untuk Memperkuat Komitmen Bangsaan: Tantangan, Peluang, dan Rekontruksi Pendidikan di Revolusi Industir 5.0' di Kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Mochammad Nursalim yang juga Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dari UNESA menegaskan pada era digital, teknologi informasi dan komunikasi memainkan peran sentral dalam memajukan negara melalui peningkatan efisiensi, transparansi, dan partisipasi publik.

Menurutnya transformasi ini bukan hanya tentang adopsi teknologi baru, tetapi juga tentang perubahan cara berpikir dan berperilaku yang memperkuat rasa kebangsaan dan identitas nasional.

Ia menambahkan bahwa dalam konteks pendidikan, transformasi digital membuka peluang untuk pembelajaran jarak jauh yang lebih inklusif dan merata. 

Bersamaan pula ia mengingatkan bahwa transformasi digital membawa tantangan yang harus diatasi untuk memastikan penguatan komitmen kebangsaan. 

Salah satu tantangan utama adalah kesenjangan digital, di mana tidak semua wilayah atau individu memiliki akses yang sama terhadap teknologi dan internet. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
00:55
02:20
08:04
01:27
01:32
Viral