Kemnaker Perkuat Pelindungan Pekerja Migran Indonesia di Kawasan Eropa.
Sumber :
  • Dok.kemnaker

Perkuat Pelindungan Pekerja Migran Indonesia di Kawasan Eropa, Sekjen Kemnaker Lakukan Hal Ini...

Selasa, 4 Juni 2024 - 08:53 WIB

London, tvonenews.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus memperkuat pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia di Eropa.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker, Anwar Sanusi, menegaskan komitmen ini dalam rapat koordinasi (rakor) pelayanan publik dan perlindungan Warga Negara Indonesia di Kawasan Eropa.

Anwar menyampaikan pentingnya langkah strategis untuk memastikan hak dan kesejahteraan Pekerja Migran Indonesia. Fokus utama Kemnaker adalah pada pelatihan bahasa asing, pengembangan keterampilan teknis, dan sertifikasi kompetensi.

"Pelatihan bahasa asing membantu komunikasi yang lebih baik di negara tujuan," kata Anwar Sanusi dalam keterangan pers Biro Humas, Senin (3/6/2024). 

Selain itu, keterampilan teknis dan sertifikasi kompetensi meningkatkan daya saing Pekerja Migran Indonesia.

Penguatan peran Atase Ketenagakerjaan (Atnaker) juga menjadi perhatian utama. Atnaker diberdayakan untuk melindungi pekerja migran dan memahami dinamika pasar tenaga kerja di negara tujuan. "Atnaker akan menjadi salah satu garda terdepan dalam melindungi hak Pekerja Migran Indonesia," tambah Anwar.

Program Desa Migran Produktif (Desmigratif) juga mendapat perhatian khusus. Program ini mencakup layanan migrasi, pengembangan usaha di desa asal pekerja migran, serta program community parenting dan koperasi Desmigratif. "Program ini dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga Pekerja Migran Indonesia," jelas Anwar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:40
01:36
02:54
03:23
03:27
02:20
Viral