Ilustrasi gempa.
Sumber :
  • ANTARA

Gempa Guncang Maluku Utara, BMKG Sebutkan Alasannya

Minggu, 2 Juni 2024 - 18:13 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan alasan di balik terjadinya gempa yang mengguncang Maluku Utara, pada Minggu sore.

Berdasarkan keterangan BMKG, aktivitas deformasi batuan lempeng laut Maluku menjadi pemicu getaran gempa bumi yang terjadi di Maluku Utara tersebut.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Minggu, mengatakan jenis gempa tersebut adalah gempa tektonik menengah yang bermagnitudo 5,1.

Adapun pusatnya berada di laut dengan kedalaman 222 kilometer pada jarak 30 kilometer arah barat daya dari Pulau Doi, Maluku Utara.

Selain Kota Jailolo, dampak getaran juga dirasakan beberapa saat di Loloda Kepulauan, Kota Tobelo (skala intensitas III - IV MMI) hingga Kota Daruba, Ternate, dan Tidore (skala intensitas II- III MMI).

Berdasarkan hasil analisis seismologist tim Indonesian Tsunami Early Warning System BMKG mendapati gempa itu terjadi adanya mekanisme pergerakan naik batuan dalam lempeng Maluku.

Namun ia menyatakan gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami dan BMKG belum menerima laporan kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral