Perkuat Aglomerasi Solo Raya, Kadin Ajak Asosiasi Usaha.
Sumber :
  • istimewa

Perkuat Aglomerasi Solo Raya, Kadin Ajak Asosiasi Usaha

Jumat, 31 Mei 2024 - 21:09 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kadin Kota Surakarta mengajak sejumlah asosiasi di sektor usaha memperkuat aglomerasi di kawasan Solo Raya.

Ketua Kadin Kota Surakarta Ferry Septha Indrianto di Solo, Jawa Tengah, Jumat mengatakan aglomerasi tersebut bertujuan untuk mendorong investasi melalui pemusatan kegiatan ekonomi di wilayah Solo Raya, yakni Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten.

Ia mengatakan upaya tersebut penting untuk menciptakan aglomerasi yang berkelanjutan dengan melewati tantangan ego sektoral.

"Keberhasilan aglomerasi ini sangat bergantung pada kerja sama dan dukungan dari semua pihak. Dalam hal ini, Kadin Surakarta sebagai rumah besar pengusaha dan asosiasi menginisiasi gerakan aglomerasi Solo Raya dengan tujuan kesamaan pandangan," katanya.

Menurut dia, langkah tersebut menjadikan Solo tidak hanya sebagai kota administratif tetapi juga sebagai satu kesatuan kawasan Solo Raya.

Terkait penguatan aglomerasi tersebut, beberapa waktu lalu pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan perwakilan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Persatuan Pengusaha Real Estate Indonesia (REI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), serta perwakilan Kadin dari kabupaten dan kota sekitar Solo Raya.

Sementara itu, dikatakannya, inisiatif aglomerasi Solo Raya ini didukung oleh kerangka hukum yang kuat, yaitu Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ) dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 22 Tahun 2023.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral