Waspada Kemungkinan Konflik Meluas di Timur Tengah, Kemlu Pastikan Perwakilan RI Siapkan Rencana.
Sumber :
  • Antara

Waspada Kemungkinan Konflik Meluas di Timur Tengah, Kemlu Pastikan Perwakilan RI Siapkan Rencana

Kamis, 30 Mei 2024 - 10:35 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Luar Negeri RI memastikan bahwa perwakilan RI di Timur Tengah telah menyiapkan rencana kontingensi untuk melindungi keselamatan WNI di tengah konflik kawasan yang terus berkecamuk, khususnya konflik terkait Israel dan Palestina.

Menurut Direktur Pelindungan WNI dan BHI Kemlu RI Judha Nugraha, rencana tersebut semakin mendesak untuk disiapkan sebagai antisipasi bahwa konflik bisa menyambar ke negara-negara tetangga di kawasan itu. 

“Rencana kontingensi sudah dibangun oleh masing-masing perwakilan yang ada di Timur Tengah untuk mengantisipasi eskalasi lebih lanjut yang membahayakan WNI,” kata Judha dalam taklimat media di Jakarta, mengutip Antara pada Kamis (30/5/2024).

Sesuai prosedur rencana kontingensi, perwakilan RI di Timur Tengah telah menetapkan situasi siaga di sejumlah daerah.

Kawasan Israel dan Palestina ditetapkan oleh KBRI Amman di Yordania sebagai daerah siaga 1 karena ancaman keamanan yang sangat tinggi, kata Judha.

KBRI Beirut menetapkan wilayah Lebanon selatan --yang berbatasan langsung dengan Israel-– dalam kondisi siaga 1, sementara wilayah-wilayah Lebanon lainnya ada pada tingkat siaga 2.

KBRI Teheran menetapkan ibu kota Iran itu dalam kondisi siaga 2.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral