Ilustrasi - Pelaksanaan imunisasi anak di Jakarta Selatan..
Sumber :
  • ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan

Kabar Gembira! Dinkes DKI Sebut Anak-anak di Jakarta Bisa Dapatkan Vaksin Pneumonia Gratis

Senin, 27 Mei 2024 - 12:45 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ani Ruspitawati memastikan semua warga DKI Jakarta bisa mendapatkan vaksin pneumonia (PCV/Pneumococcal Conjugate Vaccine) untuk anaknya secara gratis sebagai bagian dari imunisasi rutin lengkap demi mencegah terkena pneumonia. 

Hal itu disampaikan ketika dikonfirmasi dalam rangka puncak Pekan Imunisasi Dunia DKI Jakarta yang diadakan 8 Juni 2024.

"Target Dinkes terkait imunisasi PCV adalah tersebar luasnya informasi kepada masyarakat bahwa saat ini imunisasi PCV telah bisa didapatkan secara gratis," kata Ani Ruspitawati di Jakarta, Senin (27/5/2024).​​

Ani menjelaskan, masyarakat bisa mendapatkan vaksin ini di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah dan rumah sakit nonpemerintah sebagai langkah untuk ikut berpartisipasi dalam penguatan imunisasi rutin melalui Puskesmas di wilayahnya.

"Kendati PCV juga bisa diberikan pada orang dewasa namun mengingat tidak ada program imunisasi rutin bagi kelompok usia ini maka tidak ada catatan resmi untuk cakupan vaksinasi mereka melalui sumber pencatatan Kementerian Kesehatan maupun Dinkes DKI Jakarta," tuturnya.

Adapun, cakupan imunisasi PCV pada bayi pada 2023, yakni sebanyak 139.887 atau 84,48 persen.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral