Puan Maharani.
Sumber :
  • Julio Trisaputra-tvOne

Hasil Rakernas V PDIP, Puan Maharani Bilang Ada Desakan ke Pemerintah soal Biaya UKT Tinggi di DPR

Minggu, 26 Mei 2024 - 19:27 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengungkapkan hasil Rakernas V, yang mana menugaskan Fraksi PDIP DPR untuk mendesak pemerintah menurunkan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Adapun, polemik UKT mahal dirasakan sejumlah mahasiswa sehingga menimbulkan perdebatan hingga saat ini, karena dinilai terlalu tinggi.

Puan menjelaskan Fraksi PDIP DPR RI diminta mendesak pemerintah untuk merevisi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbud) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Mencermati gejolak yang terjadi di berbagai kampus akibat kenaikan UKT dan Iuran Pengembangan Institusi secara drastis, Rakernas V Partai menugaskan Fraksi PDI Perjuangan DPR RI untuk mendesak pemerintah agar menurunkan mahalnya biaya pendidikan tinggi melalui revisi Permendikbud Nomor 2 Tahun 2024,” kata Puan di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Tugas untuk Fraksi PDIP DPR RI itu merupakan salah satu poin hasil rekomendasi eksternal Rakernas V PDIP

Selain mengenai UKT, rekomendasi rakernas juga menyinggung sejumlah persoalan bangsa lainnya.

Termasuk di antaranya, Rakernas PDIP mendorong seluruh jajaran PDIP untuk solid bergerak menjalankan program kerakyatan dengan meningkatkan keberpihakan kepada petani, nelayan, buruh, dan seluruh lapisan masyarakat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral