Wamendag: RI Lancarkan Masuknya Bahan Baku untuk Perkuat Perdagangan.
Sumber :
  • Antara

Wamendag: RI Lancarkan Masuknya Bahan Baku untuk Perkuat Perdagangan

Kamis, 23 Mei 2024 - 20:06 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan Indonesia berkomitmen memperlancar arus masuk bahan baku dan barang modal untuk pengembangan kerja sama perdagangan dengan Korea Selatan.

“Indonesia berkomitmen untuk memperlancar arus barang, khususnya bahan baku dan barang modal yang diperlukan untuk pengembangan kerja sama perdagangan yakni melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 8 Tahun 2024,” kata Jerry mengutip Antara pada Kamis (23/5/2024).

Jerry, yang mendampingi Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto dalam pertemuan itu, mengatakan Permendag Nomor 8/2024 memberikan relaksasi untuk impor bahan baku dan barang modal. 

Pemerintah RI ingin terus bersinergi dengan seluruh pihak terkait peningkatan kerja sama perdagangan yang saling menguntungkan.

Menurut Jerry, salah satu relaksasi yang diatur dalam Permendag tersebut adalah penghapusan syarat pertimbangan teknis untuk tujuh komoditas yang awalnya memerlukan pertimbangan teknis dari Kementerian Perindustrian, yaitu komoditas elektronik, obat tradisional dan suplemen kesehatan, kosmetik dan perbekalan rumah tangga, alas kaki, pakaian jadi dan aksesori pakaian jadi, tas, dan katup.

“Permendag Nomor 8 Tahun 2024 merupakan langkah nyata pemerintah dalam upaya menciptakan iklim usaha yang nyaman dan bermanfaat melalui percepatan proses perizinan bahan baku dan barang modal,” lanjut Jerry.

Menanggapi hal itu, Menteri Ahn menanggapi dengan sangat positif kebijakan pemerintah Indonesia yang tertuang dalam Permendag tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral