Ilustrasi Tren Kecantikan.
Sumber :
  • Istimewa

Tren Kecantikan, Nicotinamide Mononucleotide Senjata Anti-Aging yang Tengah Jadi Sorotan Dunia Kesehatan

Selasa, 14 Mei 2024 - 13:44 WIB

Jakarta, tvOnenews.comNicotinamide Mononucleotide (NMN) tengah menjadi sorotan dalam dunia kesehatan sebagai senjata ampuh melawan penuaan dini

NMN merupakan molekul alami yang terdapat dalam sel tubuh manusia yang berperan sebagai prekursor penting dalam produksi Nicotinamide Adenine Dinucleotide (NAD+), molekul vital dalam fungsi sel tubuh.

NAD+ sendiri merupakan koenzim redoks metabolik yang sangat penting pada organisme eukariotik, termasuk manusia, yang terlibat dalam berbagai reaksi enzimatik. 

NAD+ vital peranannya dalam beragam proses biologis, termasuk kematian sel, penuaan, ekspresi gen, neuro inflamasi, dan perbaikan DNA. Pada tubuh manusia pun, NMN bisa ditemukan di jaringan ari-ari (plasenta) dan cairan tubuh (seperti darah dan urin).

Meskipun diproduksi secara alami dalam tubuh, NMN juga dapat ditemukan pada bahan makanan, termasuk di antaranya seperti brokoli, tomat, jamur, alpukat, dan edamame. 

Penelitian awal menunjukkan potensi NMN dalam membantu melambatkan proses penuaan dini, meningkatkan fungsi kognitif, serta melindungi dari penyakit neurodegeneratif.

Para ahli di dunia kesehatan mulai melirik potensi NMN, termasuk salah satunya David A. Sinclair, seorang profesor di Harvard Medical School yang merupakan pelopor dalam penelitian tentang NMN. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral