Ilustrasi jamaah haji..
Sumber :
  • Istimewa

Ada Ancaman Nyata Selain Meningitis dan Dehidrasi, Seluruh Jemaah Haji Wajib Mewaspadai Penyakit Berbahaya Ini

Jumat, 10 Mei 2024 - 06:19 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pengurus Pusat Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (PP Perdokhi) mengimbau seluruh jemaah haji untuk wajib mewaspadai penyakit selain meningitis dan dehidrasi.

Ketua Umum PP Perdokhi Syarief Hasan Lutfie mengatakan, seluruh jamaah haji wajib mewaspadai adanya penularan penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

"Ketika flu menyerang orang dengan usia senior dan memiliki penyakit komorbid, dapat berisiko berat. ISPA dan pneumonia pun masih menjadi penyakit terbanyak yang ditemui pada jamaah haji Indonesia selama penyelenggaraan kesehatan haji di Arab Saudi pada Tahun 2023," kata Syarief Hasan Lutfie dilansir dari Antara, Kamis (9/5).

Syarief menjelaskan bahwa selain ada risiko bahaya penyakit meningitis atau radang selaput otak, penyakit seperti pneumonia dan influenza juga harus diwaspadai, karena hal itu bisa menjadi kuman infeksi saluran napas.

Selama beberapa tahun terakhir, penyakit infeksi saluran napas merupakan penyakit yang paling sering melanda jemaah haji asal Indonesia di Arab Saudi. 

Studi di Arab Saudi menunjukkan sekitar 60 persen jamaah yang berkonsultasi di Klinik Primer Mina datang dengan keluhan ISPA.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral