Pos Pengamatan Gunung Ibu Kabupaten Halmahera Barat saat merekam erupsi Gunung Ibu pada Minggu 28 April 2024 sekitar pukul 00.37 Wit dini hari..
Sumber :
  • ANTARA

Erupsi Gunung Ibu di Halmahera Barat, Sebanyak 16 Desa Terdampak Hujan Abu

Minggu, 28 April 2024 - 14:22 WIB

Ternate, tvOnenews.com - Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat Maluku Utara mengalami erupsi pada Minggu (28/4/2024) sekitar pukul 00.37 WIT dan berdampak di 16 desa sekitarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Barat Maluku Utara menerjunkan personelnya ke lokasi di 16 desa tersebut untuk membagikan masker kepada warga yang terdampak erupsi Gunung Ibu.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Halbar Sofyan Aswad kepada ANTARA di Ternate Minggu mengatakan, tim BPBD Kabupaten Halbar telah diterjunkan ke lokasi terdampak erupsi Gunung Ibu, dan meninjau kondisi terkini terutama warga di 16 desa di Kecamatan Ibu.

Hujan abu melanda beberapa desa di bagian barat Gunung Ibu, di antaranya Desa Ake Boso, Desa Naga, Desa Kie Ici, Desa Maritango, Desa Tongute Goin, Desa Tongute Sungi, Desa Soanama Sungi, Desa Akesibu, Desa Gam Ici, Desa Kampung Baru, Desa Gamlamo, Desa Tongute Ternate Asal, Desa Tongute Ternate, Desa Tahafo, Desa Togola Sanger dan Desa Togola Wayoli, Kecamatan Ibu.

"Sebab, hujan abu vulkanik mengakibatkan debu dan dikhawatirkan mengganggu kesehatan warga, sehingga masyarakat Kecamatan Ibu dan sekitarnya diimbau untuk memakai masker saat beraktivitas di luar rumah," kata Sofyan, Minggu.

Kendati demikian, saat ini aktivitas vulkanik Gunung Ibu berada pada Status Level II (Waspada).

Masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan wisatawan diimbau agar tidak beraktivitas di dalam radius 2,0 km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
02:03
02:10
01:29
07:12
02:14
Viral