Prof. Dr. Toar JM. Lalisang, Sp.B, Subsp.BD saat jumpa pers bersama awak media “pelayanan kasus langka Transplantasi Hati” di RSCM Kanigara, Minggu (21/04/2024).
Sumber :
  • tvOnenews/Bagas

RSCM Kembali Berhasil Lakukan Operasi Transplantasi Hati

Minggu, 21 April 2024 - 15:03 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) sukses melaksanakan operasi transpalasi hati ke-88 sejak operasi pertama yang dilakukan pada tahun 2010.

Tingkat keberhasilan one year survival rate transpalasi hati di RSCM ini mencapai 82 persen. Hal tersebut setara dengan capaian rumah sakit lainnya di wilayah Asia.

Direktur Utama RSCM dr. Supriyanto mengatakan, transplantasi hati RSCM ini bersifat komprehensif dengan melibatkan dokter, perawat, dietisien, pekerja sosial, fisioterapi, farmasi, dan tenaga penunjang non medis. 

"Tim dokter terdiri dari berbagai spesialis meliputi penyakit dalam, anak, bedah, anestesi, kesehatan jiwa, patologi klinik, patologi anatomi, radiologi, dan rehabilitasi medik," katanya di Jakarta, Minggu (21/4/2024).

Supriyanto menjelaskan, penanganan yang dilakukan pun secara multidisiplin sejak tahap skrining, pre operasi, pembedahan, dan pasca operasi, baik untuk resipien maupun donor.

"Berbagai faktor juga menjadi pertimbangan secara cermat, dari segi medis, psikologis, dan aspek hukum," jelasnya.

Dirinya juga menuturkan, RSCM sendiri telah bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Zhejiang University School of Medicine Hangzhou dan National University Hospital Singapore (NUHS).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:43
11:02
22:51
06:02
01:24
05:26
Viral