Proyek Strategi Nasional Bendungan Ladongi yang Dibangun Sejak 2016.
Sumber :
  • ANTARA

Presiden Jokowi Akan Meresmikan Bendungan Ladongi di Kolaka Timur

Sabtu, 25 Desember 2021 - 23:12 WIB

Kendari, Sulawesi Tenggara - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwal meresmikan Bendungan Ladongi di kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (28/12/2021) yang dirangkaikan dengan festival perahu naga.

"Dalam peresmian nanti, Presiden Joko Widodo (Jokowi), juga menggelar festival Perahu Naga, yang akan diikuti sejumlah atlet dayung Nasional, asal Sultra" kata PPK Bendungan 1 Ladongi Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV,  Iping Marianda Alwi, Sabtu.

Ia mengatakan, sebanyak delapan perahu yang telah disiapkan dengan atlet nasional terdiri dari 4 perahu naga, 2 perahu cano dan 2 perahu kayak.
 
Pembangunan Bendungan Ladongi yang dibangun sejak 2016 dengan menelan anggaran sebesar Rp1,2 Triliun, kini dinyatakan rampung 100 persen.

“Bendungan Ladongi saat ini sudah menampung air sekitar 50 persen dari total daya tampung hampir 46 juta meter kubik” ungkapnya.

Iping menjelaskan, dalam peresmian nanti,  Presiden Joko Widodo di dampingi  sejumlah pejabat pusat dan daerah Sultra juga akan melepas ikan di dalam waduk itu.

“Selain itu, di kawasan bendungan ini juga digelar festival layangan yang akan diikuti tujuh kecamatan se-kabupaten Kolaka Timur, dalam rangka memeriahkan peresmian Bendungan Ladongi,” ujar Iping.

Iping Marianda menambahkan, setelah diresmikan, bendungan Ladongi langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yakni mengairi areal persawahan dengan layanan irigasi seluas 3.604 ha secara kontinyu di kabupaten Kolaka Timur.

“Sementara untuk sumber pembangkit listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dengan kapasitas daya yang akan dihasilkan sebesar 1,3 MW, kini dalam proses perampungan, termasuk pembangunan infrastruktur air baku sebesar 0,12 meter kubik/detik,” jelasnya.

Manfaat lain Bendungan Ladongi, juga sebagai objek wisata baru yang dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat lokal.(ant)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:19
02:59
02:36
20:40
01:05
03:15
Viral