Bupati Mamuju Imbau Warga Pulau Ambo Mau Direlokasi.
Sumber :
  • antara

Bupati Mamuju Imbau Warga Pulau Ambo Mau Direlokasi

Jumat, 10 Desember 2021 - 23:36 WIB

Mamuju, Sulawesi Barat - Bupati Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat, menyarankan agar warga Pulau Ambo di Kecamatan Balakbalakang bersedia direlokasi untuk menghindari abrasi dan gelombang pasang.

Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi Duka di Mamuju, Jumat (10/12) mengatakan, warga yang berada di Pulau Ambo yang terletak di perairan Sulawesi yang memiliki jarak tempuh sembilan jam menggunakan kapal laut dari kota Mamuju, selama ini telah terancam abrasi dan gelombang pasang. "Gelombang pasang air laut telah masuk ke wilayah pulau Ambo dan merendam pemukiman warga sehingga terancam, dan memprihatinkan," katanya.

Oleh karena itu ia mengatakan, apabila masyarakat pulau Ambo yang berprofesi nelayan bersedia direlokasi maka pemerintah di Mamuju akan menyediakan lahan pemukiman baru. "Ada dua wilayah yang bisa disiapkan di pesisir Kabupaten Mamuju, yakni di Kecamatan Tapalang Barat dan Kecamatan Simboro Kepulauan kalau masyarakat bersedia direlokasi," katanya.

Ia menyampaikan, masyarakat diminta untuk bersedia direlokasi agar tidak terus menerus dilanda bencana alam gelombang pasang dan abrasi, yang tentu pemerintah juga tidak menginginkan warganya terdampak bencana. Ia mengatakan, ratusan warga yang bermukim di pulau Ambo harus segera diberikan bantuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya karena telah terdampak bencana.

"Camat serta kepala desa harus menyalurkan bantuan dari pemerintah Mamuju berupa logostik kepada masyarakat pulau Ambo yang saat ini terdampak bencana," katanya.(chm/ant)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral