Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah.
Sumber :
  • tvOnenews/Abdul Gani Siregar

Jelang Musim Hujan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Minta Dinas SDA Bersiap: Lurah se-DKI Segera Ajak Warga Kerja Bakti Bersihkan Saluran Air

Selasa, 31 Oktober 2023 - 14:08 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta meminta Dinas Sumber Daya Air (SDA) bersiap menghadapi musim hujan.

Melansir data analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), akan ada potensi cuaca ekstrem berupa angin kencang dan hujan lebat yang datang tiba-tiba, hal ini kerap terjadi pada masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan seperti saat ini.

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah mengatakan, perlu antisipasi dalam mengurangi potensi banjir pada musim hujan, yakni pengurasan waduk, embung dan saluran air yang terhubung ke 13 sungai di Jakarta.

"Pengurasan dilakukan agar saluran air, waduk dan embung di Jakarta mampu menampung air lebih banyak dari curah hujan lebat yang akan terjadi beberapa waktu ke depan," ujar Ida Mahmudah, usai rapat Badan Anggaran DPRD DKI, Selasa (31/10/2023).

Ia juga berharap para lurah se-DKI Jakarta mulai menggerakkan pengurus RT dan RW untuk mengajak warga di permukiman padat penduduk menggelar kerja bakti.

"Kerja bakti digelar untuk memastikan saiuran air di permukiman warga tidak tersumbat sehingga saat hujan lebat turun, saluran air di pemukiman berfungsi optimal," harapnya.

Ia memaparkan, Komisi D DPRD DKI mendukung upaya penanggulangan banjir di Jakarta dengan mengalokasikan anggaran pada rancangan APBD DKI Tahun 2024 mencapai lebih dari Rp2 triliun.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral