Sebelum kampanye, Bawaslu akan rilis Indeks Kerawanan Pemilu Tematik.
Sumber :
  • Istimewa

Sebelum Kampanye, Bawaslu akan Rilis Indeks Kerawanan Pemilu Tematik

Jumat, 4 Agustus 2023 - 07:29 WIB

Sukabumi, tvOnenews.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI akan merilis Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) sebelum kampanye dimulai atau sebelum 28 November 2023.

Komisioner Bawaslu Lolly Suhenty mengatakan IKP Tematik 2023 dibuat berdasarkan hasil evaluasi dari IKP 2022. IKP Tematik tersebut berisi sejumlah hal yang belum diatur secara rinci dalam IKP 2022.

Dalam IKP Tematik, pihaknya menyoroti terkait netralitas penyelenggara pemilu. Bawaslu juga menyoroti soal netralitas aparatur sipil negara (ASN) dan kampanye di media sosial.

"Karena itu dalam waktu dekat sebelum proses penetapan calon, sebelum proses kampanye dimulai, Bawaslu akan meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu Tematik. Ada lima," kata Lolly kepada media di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (3/8/2023).

Dia pun mengungkapkan lima tematik tersebut. Di antaranya soal politik uang, politisasi suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), netralitas ASN, pemilu luar negeri dan kampanye di media sosial.

Menurut Lolly, IKP Tematik itu akan diluncurkan pada lokasi yang memiliki tingkat kerawanan tertinggi. Namun, dia tak menyebutkan provinsi yang dimaksud.

"Lima Tematik IKP ini akan segera diluncurkan. Di mana tempat peluncurannya? Tempat peluncurannya berdasarkan hasil IKP yang menunjukkan di provinsi mana kerawanan paling tinggi terjadi," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral