Pahala Mansury.
Sumber :
  • Sumber: Viva.co.id

Profil Pahala Mansury Mantan Wamen BUMN yang Kini Menjadi Wakil Menteri Luar Negeri

Senin, 17 Juli 2023 - 22:23 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Mantan Wamen BUMN, Pahala Mansury, kini resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wemenlu). 

Pria yang lahir pada 8 April 1971 di Kota Bogor ini merupakan lulusan Universitas Indonesia pada tahun 1994 dengan jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Selanjutnya, ia melanjutkan jenjang pendidikan di Stern School of Business, New York University dengan gelar Master of Business Administration (MBA).

Jauh sebelum memulai karirnya di BUMN, Pahala sudah terlebih dahulu bekerja di dunia konsultan. Ia sempat bekerja sebagai change management consultant di Andersen Consultan Jakarta.

Jenjang karier profesinalismenya di BUMN, dimulai pada tahun 2003. Pahala meduduki berbagai posisi strategis selama 15 tahun karirnya di Bank Mandiri. Mulanya, ia menduduki posisi Vice President Economic & Financial Research Group Head dari Juli 2003 sampai dengan Januari 2005.

Kemudian ia dipercaya untuk menjadi EVP Coordinator Finance & Strategy BMRI. Pada tahun 2015 – 2017, akhir masa profesinya di Bank Mandiri, ia menjabat sebagai Direktur Treasury & Market Bank Mandiri. Selama menjabat pada posisi ini, Pahala berhasil memberikan laba kepada Bank Mandiri sebesar 30%. Di sisi lain, Pahala juga berhasil mendapatkan berbagai prestasi, salah satunya adalah Asean’s Best CFO (2013) dan Indonesian’s Best CFO (2012). 

Pria bernama lengkap Nugraha Mansury melanjutkan karirnya sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Setelah setahun menjabat, Pahala ditunjuk untuk menduduki posisi Direktur Utama Keuangan PT Pertamina (Persero).

Berkat prestasinya, ia telah membawa anak-anak perusahaan Pertamina berkontribusi 37% pada pendataan group. Tidak lama setelah itu, Pahala ditunjuk kembali menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang saat itu ditunjuk sebagai Menteri kesehatan. Pahala mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir selama kurang lebih 3 tahun, pada tahun 2020 hingga 2023.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral