peringati Hari Pahlawan.
Sumber :
  • tim tvone -tim tvone

Peringati Hari Pahlawan, Webinar Nasional tentang Semangat Kepahlawanan dan Masa Depan Pertahanan Indonesia

Selasa, 9 November 2021 - 22:50 WIB

Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, yang jatuh pada tanggal 10 Nopember 2021, mahasiswa Cohort 4 Program Doktoral Ilmu Pertahanan Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema “Ilmu Pertahanan : Jembatan Semangat Kepahlawanan dan Masa Depan Pertahanan Indonesia”. Webinar ini bertujuan  untuk mengenalkan ilmu pertahanan kepada khalayak luas dan menggali relevansi semangat kepahlawanan dalam konteks kekinian, ditinjau dari berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di tengah perkembangan lingkungan strategis abad 21, Indonesia dihadapkan pada kemunculan berbagai ancaman, hambatan, tantangan, dan gangguan (AHTG) yang semakin kompleks dan multidimensional terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa. Ancaman saat ini tidak hanya berbentuk militer saja, namun juga didominasi oleh berbagai ancaman nonmiliter dan hibrida.

Webinar ini terdiri dari 5 topik, yaitu :

  1. Etika dan moral dalam perang dan ilmu pertahanan
  2. Semangat kejuangan pahlawan dan bela negara dalam diskursus struktur ilmu pertahanan Indonesia abad ke 21
  3. Budaya, akhlak, dan sejarah perjuangan bangsa dalam Pendidikan dasar sebagai filsafat ilmu pertahanan
  4. Hubungan ilmu pertahanan dengan politik
  5. Pelaksanaan manajemen pertahanan negara dalam pemerataan pembangunan untuk mencegah perpecahan bangsa

“Relasi penting antara politik dan pertahanan akan saling memperkuat melalui sebuah jembatan penghubung berupa political will. Berbagai kebijakan pertahanan dihasilkan dari proses politik yang melibatkan banyak komponen,” jelas Theo L Sambuaga sebagai narasumber, yang juga merupakan mantan menteri di era kabinet reformasi pembangunan.

Webinar dibuka oleh Rektor Unhan RI Laksamana Madya TNI Prof Dr Amarulla Octavian dan ditutup oleh Prof S Pantja Djati selaku dosen mata kuliah filsafat ilmu pertahanan pada program doctoral Unhan RI. (hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral