Jamban Berusia Ribuan Tahun yang Dianggap Sebagai Kemewahan di Zamannya.
Sumber :
  • APTN

Ini Bentuk Jamban Berusia 2.700 Tahun yang Dianggap Sebagai Kemewahan di Yerusalem

Rabu, 6 Oktober 2021 - 12:08 WIB

Yerusalem - Arkeolog Israel menemukan sebuah jamban kuno yang langka di Yerusalem. Usianya lebih dari 2.700 tahun, yaitu saat kamar mandi pribadi merupakan hal mewah di kota suci tersebut, demikian kata otoritas terkait hari Selasa (5/10).

Otoritas Barang Kuno Israel mengatakan jamban yang terbuat dari batu kapur dengan pahatan yang halus tersebut ditemukan dalam sebuah kabin berbentuk segi empat, yang merupakan bagian dari sebuah rumah besar menghadap area yang kini disebut Kota Tua. Jamban tersebut dirancang untuk posisi duduk yang nyaman, dengan tangki septik yang digali cukup dalam di bawahnya.

"Sebuah bilik jamban pribadi merupakan hal yang sangat langka dan antik, hanya sedikit yang ditemukan," kata Yaakov Billig, Direktur Ekskavasi.

"Hanya orang kaya yang dapat membeli jamban," katanya, sambil menambahkan seorang rabi terkenal pernah mengatakan bahwa untuk menjadi makmur adalah dengan memiliki sebuah jamban di samping mejanya.

Tulang-tulang binatang dan tembikar yang ditemukan dalam tangki septik bisa mengungkap gaya hidup serta pola makan orang-orang masa itu, dan penyakit-penyakit kuno, demikian kata otoritas barang-barang kuno.

Para arkeolog menemukan benteng-benteng dan pilar-pilar batu dari era tersebut. Mereka mengatakan ada bukti sebuah kebun berisi tanaman-tanaman buah dan tanaman-tanaman air, sehingga membuktikan bahwa mereka yang tinggal di sana benar-benar kaya. (APTN/nvr/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral