Warga Republik Ceko Memberikan Bantuan Rompi Anti-Peluru.
Sumber :
  • Reuters

Warga Republik Ceko Memberikan Bantuan Rompi Anti-Peluru Untuk Warga Ukraina

Minggu, 6 Maret 2022 - 17:54 WIB

Praha, Republik Ceko - Di tengah tanggapan internasional terhadap penderitaan Ukraina, sebuah kelompok di Republik Ceko bernama The Memory of Nations (Pamet Naroda) telah mengumpulkan alat pelindung, termasuk kacamata, sarung tangan, walkie-talkie dan peralatan medis untuk dikirimkan ke Ukraina demi membantu mereka memerangi invasi dari Rusia.

“Jadi kami sepakat, bahwa bantuan tahap pertama tentu akan lebih tepat dari sekedar bantuan kemanusiaan, menawarkan peralatan untuk para penduduk Ukraina,” kata Mikulas Kroupa, pendiri kelompok itu, Kamis (3 Maret).

Memory of  Nations telah menyediakan basis data kesaksian online sejak tahun 2008, yang mendokumentasikan kisah orang-orang dari saat Ceko dan Slovakia hidup di bawah pendudukan Nazi selama Perang Dunia Kedua, atau empat dekade pemerintahan Komunis yang didominasi Soviet yang berakhir pada 1989.

Invasi Rusia 24 Februari ke Ukraina lalu, sebuah tindakan yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus", mendorong kelompok itu untuk mengubah taktik, mengumpulkan sumbangan setidaknya 100 juta crown ($4,35 juta/4 juta Euro) pada Rabu untuk pengirimannya. 

Kelompok tersebut sejauh ini telah mengirimkan 500 rompi antipeluru, bersama dengan 150 helm, dua lusin drone, dan peralatan lainnya yang dipasok melalui negara-negara seperti Jerman atau Makedonia Utara.

Meskipun Republik Ceko tidak berbatasan langsung dengan Ukraina, pengungsi dari Ukraina kini dilaporkan mulai berdatangan ke Negara itu.

Menteri Dalam Negeri Ceko, Vit Rakusan memperkirakan 50.000 pengungsi dari Ukraina telah tiba di Republik Ceko.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:00
03:06
01:31
03:53
02:26
06:36
Viral