Tentara Bayaran Wagner.
Sumber :
  • Reuters

Upaya Kudeta di Rusia, Tentara Bayaran Wagner Mulai Serbu Moskow

Minggu, 25 Juni 2023 - 02:22 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Situasi Rusia sedang genting pada Sabtu (24/6/2023), setelah kelompok tentara bayaran Wagner memutuskan untuk berontak dan menguasai kota di wilayah Rusia. 

Pasukan Wagner dilaporkan terus merangsek ke ibu kota Moskosw. Seperti dilaporkan Reuters, helikopter militer Rusia melepaskan tembakan ke konvoi tentara bayaran pemberontak yang sudah lebih dari setengah jalan menuju Moskow, dalam serangan kilat setelah merebut kota selatan, semalam.

Menghadapi tantangan serius pertama terhadap cengkeraman kekuasaannya selama 23 tahun pemerintahannya, Presiden Vladimir Putin bersumpah untuk menghancurkan pemberontakan bersenjata yang dia bandingkan dengan Perang Saudara Rusia seabad lalu.

Para pejuang tentara bayaran Wagner yang dijalankan oleh mantan sekutu Putin Yevgeny Prigozhin sudah hampir mencapai ibu kota, setelah merebut kota Rostov dan memulai perjalanan sejauh 1.100 km ke Moskow.

Truk pengangkut pasukan dan sebuah truk yang membawa tank melaju melewati kota Voronezh lebih dari setengah jalan ke Moskow, di mana sebuah helikopter menembaki mereka.

Media Rusia menunjukkan gambar sekelompok kecil polisi yang menjaga posisi senapan mesin di pinggiran selatan Moskow. Pihak berwenang di wilayah Lipetsk di selatan ibu kota meminta warga untuk tinggal di rumah.

Wali Kota Moskow, Sergei Sobyanin, juga meminta orang-orang untuk menahan diri sejauh mungkin dari perjalanan keliling kota, mengingat operasi kontra-terorisme telah diumumkan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral